Interaksi dengan konsumen
Pengertian
CRM
CRM (Customer
Relationship Management ) merupakan hubungan kerjasama antara
pihak provider dengan customer sehingga kedua belah pihak saling
menguntungkan. Ini jika dipandang secara umum.
CRM
merupakan strategi dan usaha untuk menjalin hubungan dengan
pelanggan dan memberikan pelayanan yang memuaskan bagi
pelanggan. Saya menerapkan strategi lebih awal karena menurut
saya strategi merupakan faktor utama untuk memuaskan pelanggan, jika
ada strategi salah atau terlewatkan pasti akan hasilnya tidak akan
memuaskan bagi pelanggan.
Ada
3 aktivitas CRM yang harus diperhatikan dalam proses ini, yaitu :
1.
CRM operasional
Mencakup
otomatisasi yang terintegrasi dari keseluruhan proses bisnis.terkait
dengan mengumpulkan data dan berlatih strategi, seperti :
1.
Otomatisasi pemasaran, penjualan, dan pelayanan.
2.
Berperan dalam interaksi dengan pelanggan.
3.
Dikenal sebagai front office perusahaan.
2. CRM analitik
Merupakan
proses analisis dari data-data yang dihasilkan pada Operational
CRM,terkait dengan pengolahan data dan membentuk strategi berperan
dalam memahami kebutuhan pelanggan dan melaksanakan analisis
pelanggan dan pasar, seperti analisis trend pasar dan analisis
perilaku pelanggan.
3. CRM kolaborasi
Aplikasi pelayanan yang terkolaborasi, seperti e-mail, personalized publishing, e-communities, forum diskusi, dan sarana lainnya yang dirancang untuk memfasilitasi interaksi antara pelanggan dan pihak perusahaan.
Tahap-Tahap
CRM
CRM
mempunyai 3 tahap antara lain :
1.
Mendapatkan Pelanggan Baru (Acquire), pelanggan baru didapatkan
dengan memberikan kemudahan pengaksesan informasi, inovasi baru, dan
pelayanan, dan pelayanan yang menarik.
2.
Meningkatkan Hubungan Dengan Pelanggan Yang Ada ((Enhance),
perusahaan berusaha menjalin hubungan dengan pelanggan melalui
pemberian pelayanan yang terbaik terhadap pelanggannya (Customer
Service). Penerapan Cross Selling atau Up Selling pada tahap ke dua
dapat meninggkatkan pendapatan perusahaan dan mengurangi biaya untuk
memperoleh pelanggan (Reduce Cost).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar